Kata Kunci: Pencarian





Judul : Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed M. Naquib Al-Attas
Author : Wan Mohd Nor Wan Daud
Penerbit : Mizan Pustaka
Tanggal Terbit :
Harga : Rp 75000.00 Rp. 62625 (Hemat 16.5%)
ISBN/EAN : 979-433-331-3
Jumlah Hal. : 552
Berat :
Dimension :
Sinopsis :
Topik islamisasi ilmu pengetahuan dan pendidikan dalam Islam sudah diperdebatkan sejak Konferensi Dunia Pertama tentang Pendidikan Islam di Makkah pada 1977. Tetapi sayangnya tidak ada usaha serius untuk melacak sejarah gagasan dan mengkaji atau mengevaluasi sejumlah persoalan pokok yang berkenalan dengan topik ini pada tingkat praktis.

Gagasan islamisasi sebenarnya berangkat dari asumsi bahwa ilmu pengetahuan itu tidak bebas nilai atau netral. Betapapun diakui pentingnya transfer ilmu Barat ke Dunia Islam, ilmu itu secara tak terelakkan sesungguhnya mengandung nilai-nilai dan merefelksikan pandangan dunia masyarakat yang menghasilkannya, dalam hal ini masyarakat Barat. Sebelum diajarkan lewat pendidikan, ilmu tersebut harus ditapis terlebih dahulu agar nilai-nilai yang bertentangan secara diametral dengan pandangan-dunia Islam bisa disingkirkan. Gagasan islamisasi, dengan demikian, merupakan upaya dekonstruksi terhadap ilmu pengetahuan Barat untuk kemudian direkonstruksi ke dalam sistem pengetahuan Islam.

Buku ini mengupas secara detail persoalan islamisasi ilmu dan pendidikan di Dunia Islam sebagaimana digagas dan dipraktekkan oleh Syed Muhammad Naquib Al-Attas, salah seorang pemikir Muslim kontemporer yang sangat menonjol. Penulis buku ini menempatkan Al-Attas sebagai konseptor awal tentang gagasan islamisasi ilmu pengetahuan dan pendidikan.

Topi-topik penting yang dibicarakan daklam buku ini meliputi:

pandangan-dunia Islam tentang ilmu dan pendidikan
Pengetahuan dan cara mengetahui
Pengertian, muatan, dan metode pendidikan
Konsep dan relitas universitas Islam
Sejarah serta persoalan islamisasi ilmu sekarang ini, dan
Pemikiran intelektual Muslim tentang ilmu, pendidikan, dan problem ilsmisasi, seperti dirumuskan oleh Muhammad 'Abduh,Iqbal, Al-Faruqi, Fazlur Rahman, dan Seyyed Hossein Nasr.

Buku ini sangat berguna, tidak saja bagi para ahli dan pengambil kebijakan di bidang pendidikan, tetapi juga bagi pembaca umumnya yang peduli dengan problem pendidikan Islam.

Wan Mohd Nor Wan Daud adalah lulusan Universitas Chicago, tahun 1987, di bawah bimbingan Dr. Fazlur Rahman. Disertasi doktoralnya diterbitkan oleh Mansell Publishing Ltd. (London-New-York), dengan judul "The Concept of Knowledge in Islam". Sekarang, dia bekerja bersama Prof. Syed Muhammad Naquib Al-Attas sebagai deputi direktur dan profesor di International Institute of Islamic Though and Civilization (ISTAC), Kuala Lumpur. Karya-karyanya, antara lain, adalah The Beacon on the Crest of a Hill: A Brief History and Philosophy of the International Institue of Islamic Thought and Civilization (1991), dan An Exposition of Knowldege Culture (1991).
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...